KRI Diponegoro-365 Pimpin Latihan Anti Kapal Selam di Rimpac 2016

banner%2Bfb.png

KRI Diponegoro-365. (©tnial.mil.id)
KABAR MILITER - KRI Diponegoro-365 melaksanakan latihan Anti Kapal Selam di rangkaian Latihan Bersama Multilateral The Rim of Pacific (Rimpac) 2016 di Pearl Harbor, Hawaii, Amerika Serikat.
Latihan yang terbagi dalam serial CASEX 1A dan CASEX 3A itu dilakukan bersama kapal selam Chang Bo Go Class Korea Selatan yaitu ROKS Lee Eok Gi, dan dua unsur udara P3C Orion milik Jepang dan Amerika Serikat. KRI Diponegoro-365 berperan sebagai pemimpin dalam kedua latihan itu.
Dalam CASEX 1A, KRI Diponegoro-365 melaksanakan latihan identifikasi visual kapal selam dengan tujuan melatih kemampuan pengawas anjungan. Latihan ini juga ditujukan untuk melatih keterampilan operator sonar dalam mendeteksi keberadaan kapal selam, baik dalam mode pasif maupun aktif.
Prajurit TNI Angkatan Laut di atas anjungan KRI Diponegoro-365 melakukan identifikasi visual saat latihan anti kapal selam di Hawaii, Amerika Serikat. (Dispen Koarmatim)
Prajurit TNI Angkatan Laut di atas anjungan KRI Diponegoro-365 melakukan identifikasi visual saat latihan anti kapal selam di Hawaii, Amerika Serikat. (Dispen Koarmatim)

Sementara itu, Pusat Informasi Tempur melaksanakan tracking visual dengan menggunakan LIROD guna mengidentifikasi penampakan alat-alat angkat kapal selam.
Latihan ini berjalan dengan cukup lancar dan aman setelah sebelumya melaksanakan prosedur keamanan dengan menjalin komunikasi melalui telepon bawah air (underwater telephone/UWT) dan memancarkan echo sounder secara terus-menerus.
Pada serial CASEX 3A, tim Peperangan Bawah Air (PBA) KRI Diponegoro-365 melakukan pengendalian pesawat udara P3C Orion untuk mencari, mendeteksi, dan melaksanakan penyerangan kapal selam musuh yang diperankan oleh ROKS Lee Eok Gi. Pengendalian secara close advisory control dilaksanakan setelah P3C Orion melaksanakan joining procedure.
KRI Diponegoro-365 selaku Antisubmarine Warfare Air Control Unit kemudian memerintahkan P3C Orion untuk menjatuhkan sonobuoy di titik-titik yang diperkirakan terdapat kapal selam musuh.
Kapal Selam Korea Selatan. (Dispen Koarmatim)
Kapal Selam Korea Selatan. (Dispen Koarmatim)

Setelah kontak kapal selam didapat, KRI Diponegoro-365 melaksanakan manuver pendekatan sebagai Search Attack Unit untuk melaksanakan simulasi penyerangan dengan menggunakan torpedo.
Latihan CASEX ini dilaksanakan di sela-sela tahap laut latihan bersama RIMPAC 2016.
Sumber: JPNN
banner%2Bfb.png

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KRI Diponegoro-365 Pimpin Latihan Anti Kapal Selam di Rimpac 2016"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.