Pesawat Intai P-8 Poseidon Amerika Serikat Mengelilingi Langit Jawa Timur

banner%2Bfb.png

P-8 Poseidon. (boeing.com)


KABARMILITER.com - Pesawat intai P-8 Poseidon Angkatan Laut Amerika Serikat menggelar latihan dengan mengelilingi langit Jawa Timur. Dalam latihan tersebut, pesawat anti-kapal selam paling canggih di dunia itu melakukan manuver melepaskan sonar pelampung ke beberapa titik laut di sekitar Madura.


Latihan itu merupakan bagian dari Latihan Bersama antara TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Amerika Serikat (United States Navy) dengan sandi Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2016.


Pimpinan latihan, Leutenant Commander Karl Muray, menjelaskan bahwa pesawat dari Skuadron 8 Patroli Angkatan Laut Amerika Serikat itu mampu meluncurkan 48 buah pelampung sonar untuk mendeteksi keberadaan kapal selam dan sejumlah benda laut dari dalam pesawat.


Danpuspenerbal Juanda Laksamana Pertama (Laksma) Manahan Simorangkir (kedua kiri) meninjau pesawat intai P-8 Poseidon milik Angkatan Laut Amerika Serikat di Puspenerbal Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (2/8/2016). Kedatangan pesawat intai P-8 Poseidon milik Angkatan Laut Amerika Serikat tersebut dalam rangka bagian dari pelaksanaan latihan bersama antara US Navy dengan TNI Angkatan Laut yang bertajuk Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2016. (Antara Foto /Umarul Faruq)

Pelampung sonar itu terlebih dahulu dilepaskan ke laut untuk mendeteksi keberadaan kapal selam dan akan bertahan mengapung selama 8 jam di laut.


“Kecanggihan lain kapal ini mampu melihat kapal-kapal nelayan kecil di laut lepas, sehingga bisa mencegah pencurian ikan suatu negara. Selain itu, juga pernah digunakan dalam operasi penyelamatan dan misi kemanusian,” ujar Muray, Kamis (4/8).


Muray mengatakan bahwa latihan itu bertujuan untuk memperkenalkan P-8 Poseidon, yang merupakan modifikasi pesawat Boeing 737-800ERX.


Dalam waktu dekat, Kapal yang pertama kali beroperasi pada misi percobaan di Samudera Pasifik itu akan berpartisipasi dalam latihan anti-pembajakan dengan Indonesia dan Singapura.


Sumber: okezone.com
banner%2Bfb.png

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesawat Intai P-8 Poseidon Amerika Serikat Mengelilingi Langit Jawa Timur"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.