TNI Siapkan Skuadron Serbu Di Kalimantan Barat

banner%2Bfb.png


KABAR MILITER - Militer Indonesia dikabarkan sedang berupaya memperkuat kehadiran personil dan alutsista TNI di sekitar perbatasan Indonesia dan Malaysia. Hal ini dilihat dari rencana pihak pemerintah dan militer Indonesia untuk membangun skuadron serbu di Bandara Sintang – Kalimantan Barat. Kemungkinan skuadron serbu ini akan diisi oleh personil dan alutsista berupa helicopter serbu.

Rencana pembangunan skuadron serbu di kawasan yang berdekatan dengan perbatasan Indonesia – Malaysia ini disebutkan karena lokasi ini cukup strategis. Hal ini karena lokasinya yang sangat cocok untuk memantau wilayah Indonesia dan juga perbatasan kedua Negara. Pembangunan skuadron serbu ini direncanakan akan dimulai pada tahun 2017 mendatang.

Namun belum jelas alutsista apa yang akan ditempatkan disana. Kemungkinan besar alutsista yang ditempatkan adalah helicopter serbu milik TNI AD seperti Bell-412 EP ataupun Fennec. Kepastian akan jenis alutista ini mengkin masih akan berubah mengingat pembanguannya sendiri masih akan berjalan beberapa tahun mendatang

Sebelumnya militer Indonesia juga sudah membangun skuadron serbu di Kalimantan Timur, tepatnya di skuadron 13 Serbu di Berau. Di skuadron serbu Berau Kalimantan Timur ini ditempatkan sebanyak 312 prajurit TNI AD. Selain itu alutsista TNI juga ditempatkan di skuadron ini adalah helicopter Fennec, Bolco dan Bell-412.

Pembangunan fasilitas militer Indonesia memang beberapa tahun terakhir ini sedang digalakkan oleh pemerintah Indonesia. Hal ini untuk menambah kekuatan militer Indonesia, khususnya yang berbatasan dengan Negara lain. Tak terkecuali perbatasan dengan Malaysia ini.

Sebelumnya militer Indonesia juga sudah membangun pangkalan pesawat tanpa wak (UAV) di Kalimantan Barat tepatnya di Lanud Supadio Pontianak, dan diberi nama skuadron udara 51 Wing 7. Skuadron pesawat tanpa awak yang sering disebut juga drone ini diperkuat alutsista dengan dua tipe UAV. Kedua tipe UAV (pesawat tanpa awak ini) adalah UAV Aerostar buatan Israel dan UAV Wulung yang merupakan pesawat buatan Indonesia. Namun berapa jumlah kombinasi kedua jenis alutsista pesawat tempur tanpa awak ini belum bisa dikonfirmasi.




Sumber:http://militerindonesia.net/read/70/Militer_Indonesia_Persiapkan_Skuadron_Serbu_di_Kalimantan_Barat
banner%2Bfb.png

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TNI Siapkan Skuadron Serbu Di Kalimantan Barat"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.