KRI Diponegoro 365, Kapal Perang Kebanggaan RI Dengan Segudang Misi Internasional

banner%2Bfb.png


KABAR MILITER - KRI Diponegoro (365) merupakan kapal pertama dari korvet kelas SIGMA milik TNI Angkatan Laut, yang dibuat oleh galangan kapal Schelde, Belanda pada tahun 2005 khusus untuk TNI-AL. Bertugas sebagai kapal patroli dengan kemampuan anti-kapal permukaan, anti-kapal selam dan anti-pesawat udara. Kapal tempur dengan bobot mati 1.700ton ini diberikan nama pangeran diponegoro, salah seorang Pahlawan Nasional Indonesia yang berjasa melawan belanda dalam perang jawa tahun 1825-1830.

KRI Diponegoro 365 ketika bertugas di Lebanon dalam Misi Perdamaian.
Dilengkapi dengan radar utama MW-08 3D, Multibeam Surveillance buatan thales, sebuah radar dengan G-ban yang merupakan family 3D Multibeam jarak menengah 105 KM untuk survey, menentukan sasaran dan penjejakan.



Radar ini dilengkapi dengan teknologi radar termutakhir yang pendeteksiannya serba otomatis serta dilengkapi dengan control tembak untuk mengendalikan senjata terhadapsasaran permukaan. Untuk persenjataan KRI Diponegoro dilengkapi dengan meriam utama super rapid otomelara 76 MM buatan italia yang dipasang di posisi dek A. Sedangkan kanon ringan tambahan pada posisi B dipasang auxiliary gun 2 x 20 MM Vector G-12.

KRI Diponegoro 365 saat melepaskan tembakan kanon.
Selain itu, kapal ini juga dilengkapi torpedo A-244-S Mode 3, MU 90 yang dilengkapi dengan 2 peluncur torpedo tipe B515. 2 tipe rudal juga bisa diluncurkan dari atas kapal ini, yaitu peluru kendali anti kapal MBDA Exocet varian MM40 block 2, yang mampu menjangkau target berjarak 180 KM.

KRI Diponegoro 365 saat melontarkan rudal dalam sebuah latihan tempur gabungan.
Serta peluru kendali dari darat ke udara MBDA Mistral versi terbaru Tetral, yakni sistem rudal pertahanan Udara jarak pendek yang dapat digunakan dari berbagai platform, bisa dari kendaraan di darat, kapal, helicopter, bahkan dengan konfigurasi jinjing ala stinger.
Sehingga sering kali, KRI Diponegoro menjalankan misi perdamaian internasional dan menjadi bagian dari Garuda 28A, yang tergabung dalam Maritim Task Force (MTF) UNIFIL dibawah Komando Comander Task Force (CTF) 448 di Lebanon.
Dalam waktu dekat , KRI Diponegoro akan mewakili Indonesia dalam latihan bersama Angkatan Laut terbesar di dunia RIM OF THE PACIFIC atau RIMPAC 2016, yang akan digelar di perairan Hawaii Amerika Serikat dan diikuti Angkatan Laut dari 27 negara. Diperkirakan aka nada sekitar 45 unit kapal perang, lima unit kapal selam, lebih dari 200 unit pesawat dan 25 ribu personil dari 27 negara peserta RIMPAC 2016. Kegiatan perhelatan akbar Angkatan Laut dunia ini akan digelar dari tanggal 30 Juni-4 Agustus 2016 mendatang. (marksman)
banner%2Bfb.png

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KRI Diponegoro 365, Kapal Perang Kebanggaan RI Dengan Segudang Misi Internasional"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.