Mengenal Beberapa Kapal Induk Terbaik di Dunia yang Ditakuti

banner%2Bfb.png



KABAR MILITER - Rabu, 07-09-2016

TSM-Kapal induk (carrier vessel, CV) adalah sebutan untuk kapal perang yang memuat pesawat tempur dalam jumlah besar. Tugasnya adalah memindahkan kekuatan udara ke dalam armada angkatan laut sebagai pendukung operasi-operasi angkatan laut. Selain itu juga digunakan sebagai pusat komando operasi dan sebagai kekuatan detterence atau memberikan efek gentar pada lawan. Sebagai kapal yang membawa pesawat, kapal induk memiliki fleksibilitas tempur yang lebih tinggi dibanding jenis kapal perang lainnya. Selain kegunaan tempur, kapal induk juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti pengintaian, superioritas udara, atau memberikan bantuan.


Kapal induk pertama kali digunakan oleh Angkatan Laut Inggris, namun sampai menjelang perang dunia kedua negara-negara barat termasuk Amerika Serikat masih enggan menggunakannya sebagai kekuatan Angkatan laut utama. Konsep konvensional armada angkatan laut saat itu didominasi oleh Kapal jelajah berat, Kapal jelajah, Kapal perusak (destroyer) dengan ukuran meriam yang cukup besar hal ini memang disebabkan bahwa kapal induk dipandang cukup rentan dan riskan bila digunakan dalam operasi maritim. Berikut ini beberapa kapal induk produksi berbagai negara yang terbaik dikelasnya :



USS Gerald Ford (CVN-78) AL AS.

1. USS Gerald Ford (CVN-78) AL AS

Kapal Induk kelas Gerald Ford (CVN-78) merupakan kapal induk pengganti kelas Nimitz dan improve Nimitz. Lambung kelas Gerald Ford sama dengan kelas Nimitz. CVN-78 telah diluncurkan dan menjadi kapal induk termodern Angkatan Laut Amerika Serikat. Kapal induk berbobot 100.000 ton, dengan panjang 335 m ini mampu membawa 85 pesawat, termasuk pesawat tempur siluman F-35 dan helikopter. Gerald Ford tidak menggunakan sistem ketapel untuk membantu lepas landas pesawat tempur, melainkan menggunakan pelontar Electromagnetic.

USS Nimitz (CVN-68) AL AS.
2. USS Nimitz (CVN-68) AL AS

Amerika Serikat memiliki tiga kapal induk kelas Nimitz dan tujuh Improve Nimitz. Kapal berbobot 100.000 ton, dengan panjang 332 m ini mampu mengangkut 80 pesawat, campuran pesawat dan helikopter, seperti pesawat tempur F/A-18E/F Super Hornets, F/A-18C Hornets, pesawat perang elektronik EA-6B Prowlers, pesawat peringatan dini E-2C Hawkeye, pesawat transport C-2 Greyhound, dan helikopter anti kapal selam dan helikopter angkut. Untuk pertahanan udara, Kapal induk Amerika Serikat dibekali rudal Evolved Sea Sparrow Missiles (ESSM) dan dua peluncur 21 Rolling Airframe Missiles (RAM).


Admiral Kuznetsov (AL Rusia).

3. Admiral Kuznetsov (AL Rusia)

Kapal induk Admiral Kuznetsov merupakan satu-satunya kapal induk yang dimiliki Rusia saat ini. Bobot dan ukurannya lebih kecil dibanding kapal induk Amerika Serikat, namun mempunyai kemampuan menyerang karena dilengkapi dengan 12 rudal P-700 Granit yang mampu mencapai jarak 400 km dan 192 rudal untuk menghadang rudal anti kapal, pesawat tempur, dan kapal perang musuh. Kapal induk berbobot 60.000 ton dengan panjang 302 m ini mampu membawa 40 pesawat dan helikopter, seperti Su-33, MiG-29K, pesawat latih Su-25 UTG, dan helikopter Ka-27.

Liaoning (AL China).

4. Liaoning (AL China)

Kapal induk Liaoning merupakan kapal induk pertama milik Angkatan Laut China. China membeli kapal ini dari Ukraina, pada 1998. Liaoning mempunyai bentuk dan bobot yang sama dengan Admiral Kuznetsov. Kapal berbobot 60.000 ton dengan panjang 305 m ini mampu membawa 50 pesawat dan helikopter. Laoning hanya dibekali persenjataan pertahanan udara, tidak membawa rudal untuk menyerang seperti Admiral Kuznetsov. China saat ini sedang membangun dua kapal induk lagi.

HMS Queen Elizabeth (AL Inggris).

5. HMS Queen Elizabeth (AL Inggris)

Inggris sedang membangun dua kapal induk modern, HMS Queen Elizabeth dan HMS Prince of Wales. HMS Queen Elizabeth dijadwalkan beroperasi, pada 2017, HMS Prince of Wales beroperasi, pada 2020. Kapal induk berbobot 65.000 ton dengan panjang 284 m ini mampu membawa 40 pesawat tempur dan helikopter, seperti pesawat tempur siluman F-35B, helikopter angkut CH-47 Chinook, helikopter multi peran Merlin, dan helikopter anti kapal selam Lynx Wildcat. Kapal induk modern Inggris ini dilengkapi dengan pertahanan udara.

Charles-de-Gaulle (AL Prancis).

6. Charles-de-Gaulle (AL Prancis)

Kapal induk Prancis, Charles-de-Gaulle,memiliki bobot 41.000 ton dan panjang 262 m. Kapal induk ini mampu mengangkut 40 pesawat dan helikopter, yaitu pesawat tempur multi fungsi Rafale, pesawat peringatan dini E-2C Hawkeye, helikopter SA 365F Dauphin atau AS 322 Cougar. (Herru Sustiana)

Admin : HR/TSM (Berbagai sumber)
banner%2Bfb.png

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Beberapa Kapal Induk Terbaik di Dunia yang Ditakuti"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.