.

Header ads

Header ads

Brigif R 9 Kostrad Gelar Posbindu Bagi Personilnya Guna Deteksi Penyakit Tidak Menular


JEMBER - Untuk dapat mengetahui kondisi kesehatan masing-masing, prajurit Brigif Raider 9 Kostrad melaksanakan (Posbindu) Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular dan Mobile VCT (Voluntary Counselling and Testing) bertempat di Aula Sudirman Brigif Raider 9 Kostrad. Jember, Rabu (6/3/2019).

Kegiatan ini Diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jember bekerjasama dengan Klinik Pratama Brigif Raider 9 Kostrad yang meliputi pengecekan gula darah dan kolesterol untuk mengetahui apakah ada gejala-gejala prajurit terindikasi mempunyai penyakit tidak menular dan penyakit menular HIV/AIDS.

Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) Dinas Kesehatan Kabupaten Jember bapak Sugeng Catur Wibowo mengatakan Penyakit Tidak Menular (PTM) sudah menjadi masalah kesehatan masyarakat, baik secara global, regional, nasional dan lokal. Salah satu PTM yang banyak menjadi perhatian adalah Diabetes Melitus (DM) dimana di Indonesia merupakan ancaman serius bagi pembangunan kesehatan karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti gagal ginjal, kaki diabetes (gangrene) sehingga harus diamputasi.

“Sedangkan Penyakit menular HIV/AIDS adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dengan menghancurkan sel CD4 (sel T), dimana penyakit ini disebabkan oleh Virus ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman, yaitu dengan berhubungan seks berganti-ganti pasangan tanpa kondom, HIV juga dapat menyebar lewat kontak darah yang terinfeksi virus tersebut, jarum suntik yang dipakai bersamaan, atau dari ibu ke anak selama kehamilan, persalinan atau menyusui,” tambahnya.

Dalam Pemeriksaan kesehatan ini tidak satupun terdapat anggota Brigif Raider 9 Kostrad memiliki Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti gula darah ataupun terindikasi memiliki penyakit menular seperti HIV/AIDS.


Posting Komentar

0 Komentar