.

Header ads

Header ads

Kodiklatau Gelar Sosialisasi Pencerahan Netralitas TNI Dan Pencegahan DBD


JAKARTA - Dalam rangka minggu militer, Kodiklatau menggelar dua sosialisasi sekaligus yaitu sosialisasi Pencerahan Netralitas TNI dan sosialisai Pencegahan Penyakit Demam Berdarah. yang disampaikan oleh Letkol Pom Putu Nova Kasi Idik Mapom Kodiklatau dan Letkol Kes Wiwin Kasi Yankes Kodiklatau, dihadiri oleh Paban I/Jiandik, Paban I/Ren, Sahli Bangdik Kodiklatau, serta seluruh personel militer dan Pegawai Negeri sipil Kodiklatau.di Gedung Ganesha Kodiklatau, Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Kamis (28/2) kemarin.

Sosialisasi Pencerahan Netralitas TNI disampaikan untuk menyambut Pemilu dan Pilkada yang dilaksanakan pada bulan April mendatang, dimana peran TNI adalah mengamankan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada sesuai dengan tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri.

Pada pencerahan tersebut Letkol Pom Putu Nova menjelaskan secara detail tentang Pedoman, dasar hukum, implementasi, tugas dan tanggung jawab komandan, larangan bagi prajurit yang semuanya berkaitan tentang Netralitas TNI kepada seluruh personel militer Kodiklatau yaitu pada intinya tidak memihak dan memberikan dukungan kepada salah satu kontestan Pemilu dan Pilkada, serta tidak melibatkan diri baik langsung maupun tidak langsung pada rangkaian kegiatan Pemilu dan Pilkada dalam bentuk apapun di luar tugas dan fungsi TNI, karena apabila hal tersebut tidak diindahkan maka akan berhadapan dengan sanksi hukum yang berlaku.

Sedangkan sosialisai Pencegahan Demam Berdarah yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypty disampaikan oleh Kasi Yankes Kodiklatau Letkol Kes Wiwin menjelaskan menurut data dinas kesehatan bahwa penyebaran penyakit DBD sudah meningkat 3 kali lipat sejak bulan Desember sampai dengan bulan Februari 2019 yaitu dari 51 orang mencapai 171 orang diwilayah Jakarta Timur. Pada sosialisasi tersebut dijelaskan secara singkat penyebab sakit DBD, penularan DBD, mekanisme penularan, tempat berkembang biak, dan cara pencegahannya.

Karena itu disarankan khususnya kepada seluruh personel Kodiklatau dan keluarganya untuk mencegah dan membasmi jentik demam berdarah dengan mengubur atau memusnahkan kaleng bekas, membersihkan tempat tempat genangan air seperti bak kamar mandi, alas pot kembang, dll, serta mengadakan fogging di daerah sekitar lingkungan tempat tinggal. Dan kepada anggota yang sudah terkena penyakit segera dibawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat, untuk penanganan selanjutnya.(Pen)

Posting Komentar

0 Komentar