.

Header ads

Header ads

Kunjungan Dankodiklatad ke Fakultas Teknik Geologi Unpad


SUMEDANG - Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos berkesempatan untuk mengunjungi Fakultas Teknik Geologi (FTG) Universitas Padjajaran. Bersama dengan Dirdik Kodiklatad, Brigjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A, M.Han, rombongan disambut oleh Dekan FTG Dr. Ir. Vijaya Isnaniawardhani, MT beserta anggota Forum Komunikasi Alumni Geologi Unpad di ruangan aula FTG pada Senin (23/9/2019).

Dalam sambutannya Dekan FTG menyatakan bahwa terdapat kaitan erat antara keilmuan Geologi dengan ilmu Militer, sehingga sudah saatnya ada kerjasama yang baik antara FTG dengan TNI. Selanjutnya Dekan mengharapkan adanya pelatihan bagi mahasiswa FTG guna menghadapi dinamika lapangan kerja dengan adanya sertifikasi dan mental kepemimpinan yang baik.

Dankodiklatad menyambut baik adanya keinginan untuk melaksanakan kerjasama didalam memberikan bekal dan kemampuan khususnya mental ideologi bagi mahasiswa. Dalam acara silaturahmi tersebut beliau juga memberikan motivasi bagi para Dosen dan Mahasiswa  untuk dapat bekerja dengan hati dengan melihat kebutuhan dari masyarakat, bekerja secara profesional sehingga menghasilkan kualitas yang baik, dan tidak lupa untuk bersyukur dengan membantu meringankan kesulitan masyarakat.

Dalam acara silaturahmi ini juga dipaparkan beberapa materi yang menjelaskan adanya keterkaitan antara geologi dengan militer. Prof Dr. Ir. Mega F.Rosana, M.Sc memberikan paparan tentang UNESCO Global Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu, yang merupakan salah satu Geopark yang telah diakui oleh dunia internasional dan kawasannya tersebar sampai ke daerah latihan milik TNI AD sehingga dimungkinkan adanya kerjasama dalam pengelolaan obyek tersebut.

Selanjutnya, Dr. Ir Zulfialdi Zakaria, M.Sc memberikan paparan tentang Geopolitik, khususnya tentang pemanfaatan ilmu geologi dalam bidang militer yang telah terbukti dalam salah satu operasi yang digelar TNI AD, yakni operasi Mapenduma. Sedangkan, Dr. Ir. Dicky Muslim, M.Sc memberikan paparan tentang Kebencanaan Geologi, yang menyebutkan bahwa TNI adalah satu-satunya organisasi yang siap dalam penanggulangan bencana, sehingga patut ikut serta dalam manajemen penanggulangan bencana di tingkat nasional dan juga internasional.

Ketua Forkom Alumni Geo Unpad, Bapak Ivan Jawa, didampingi oleh Koordinator Acara, Bapak Surya Widyantoro dan  Bapak Untung  Medianto, menyebutkan bahwa kunjungan ini diharapkan dapat membuahkan hasil adanya kerjasama dalam pembinaan mahasiswa pada khususnya peningkatan rasa bela negara, dan juga peningkatan fungsi geologi dalam kapasitas membantu tugas TNI dalam pertahanan. Selain itu juga diharapkan adanya kerjasama dalam Manajemen Penanggulangan Bencana dan pengelolaan Geopark Nasional.

Selain menerima paparan, acara silaturahmi dilanjutkan juga dengan adanya tour kampus FTG Unpad yakni dengan melihat beberapa laboratorium milik kampus diantaranya Laboratorium Geoteknik, Laboratorium Geologi Lingkungan, Laboratorium Petrologi, dan juga Laboratorium Paleontologi. (Pen)

Posting Komentar

0 Komentar