.

Asops Kaskostrad Resmi Membuka Penataran Pelatih Bela Diri Militer Cakra Gelombang II TA 2019


BOGOR - Asisten Operasi Kaskostrad, Kolonel Inf Elkines Villando, S.A.P., mewakili Panglima Kostrad secara resmi membuka Penataran Pelatih Bela Diri Militer Cakra satuan jajaran Kostrad Gelombang II TA 2019 Bertempat di Lapangan Bromo Batalyon Armed 10/2/1 Kostrad, Ciluar, Bogor. Senin. (16/12/2019).

Sebanyak 200 Prajurit jajaran Kostrad mengikuti Penataran Pelatih yang akan berlangsung selama satu minggu mulai tanggal 16 s.d 22 Desember 2019 dengan tujuan untuk membekali seluruh peserta pelatihan tentang Bela Diri Militer (BDM) Cakra, sehingga diharapkan setelah selesai mengikuti pelatihan ini akan mampu melatihkan kepada seluruh prajurit di satuan jajaran Kostrad.

Kostrad sebagai satuan strategis TNI AD yang mempunyai tugas khusus, harus memiliki ciri dan identitas sendiri yang akan menjadi karakter dan kebanggaan bagi prajuritnya. Salah satunya adalah kemampuan Bela Diri Militer Cakra yang merupakan ilmu beladiri praktis yang diambil dari warisan budaya bangsa Indonesia, yaitu Pencak Silat.

Pangkostrad dalam amanatnya yang dibacakan oleh Asops Kaskostrad mengharapkan bahwa dengan kemampuan BDM Cakra, selain dapat mengangkat martabat kearifan lokal budaya Indonesia, para prajurit Cakra memiliki Bela Diri pamungkas yang dapat mempertahankan dirinya dengan baik sekaligus dapat dipergunakan untuk menyerang lawan. Untuk itu, kemampuan Bela Diri Militer Cakra harus dimiliki dan dikuasai oleh setiap prajurit Cakra dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok satuan.

“Selain kalian melaksanakan Penataran Pelatih BDM Cakra, kalian juga harus mengasah dan mempertajam 8 Kekuatan Cakra yang kalian miliki”, tambah Pangkostrad.

Turut hadir dalam upacara pembukaan Asren Kostrad, Para Asisten Kaskostrad, Para Kabalak Kostrad, Asops Kasdivif 1 Kostrad, Danbrigif 17/1 Kostrad dan Danmenarmed 2/1 Kostrad.


Posting Komentar

0 Komentar