.

Header ads

Header ads

Patroli Patok Perbatasan RI-Malaysia, Satgas Yonif Raider 303 Kostrad Telusuri Kedalaman Hutan Kalimantan


KALTARA - Dalam melaksanakan tugas pokok menjaga keutuhan wilayah NKRI di perbatasan Republik Indonesia - Malaysia, Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) dari Yonif Raider 303/SSM Kostrad melaksanakan patroli patok batas negara di daerah Kalimantan Utara. (06/12/2019)

Dalam hal ini, Dansatgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos., M.I.Pol., mengatakan, bahwa patroli patok batas negara merupakan kegiatan rutin dalam melaksanakan tugas pokok Satgas Pamtas pada wilayah sektor Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Komandan Pos (Danpos) Sungai Sanggae Lettu Czi M. Cendy Burhan, S.S.T.(Han), telah sesuai SOP dengan membawa beberapa anggota personel pos untuk melaksanakan patroli patok. 

Regu patroli berangkat dari Pos Sungai Sanggae menuju lokasi patok dengan berjalan kaki selama 3 minggu untuk menemukan beberapa patok, hal ini dikarenakan jarak yang cukup jauh dan medan yang ekstrim.

Sebagaimana diketahui bahwa medan di daerah itu ekstrim, karena terdiri dari perbukitan, jurang serta sungai dengan bebatuan besar dan tanah yang rawan longsor, hal ini membutuhkan kewaspadaan lebih dari tiap-tiap personel dalam setiap langkahnya. Hal ini dikarenakan personel Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad yang baru bisa menembus dan menemukan patok batas negara tersebut yang setelah bertahun-tahun tidak terpatroli. 

Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos., M.I.Pol., mengatakan meskipun dalam keadaan musim hujan tetapi mereka harus tetap melaksanakan tugas pokoknya yaitu melakukan pengecekan patok sebagai tanda batas Negara Indonesia dan Malaysia tidak berubah karena perbuatan manusia atau faktor alam.

Regu patroli Pos Sungai Sanggae harus melakukan pengecekan satu persatu patok yang menjadi tanggung jawabnya, sehingga rasa kekompakan dan kebersamaan harus ditanamkan dalam setiap langkah regu patroli. Jarak patok demi patok memang kelihatan sangat dekat di atas peta, akan tetapi setelah melihat kondisi medan di lapangan, perjalanan terasa amat jauh sekali hal ini mereka tempuh dengan berjalan kaki.

"Tetapi regu patroli Pos Sungai Sanggae berhasil menemukan lokasi patok dan mereka menyatakan bahwa kondisi patok dalam keadaan baik serta dalam keadaan aman," kata Dansatgas

Sementara itu, Lettu Czi Cendy mengatakan kegiatan ini merupakan tugas pokok Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI.

"Patok batas Negara yang menjadi tanggung jawab kami telah dilakukan pengecekan seluruhnya menggunakan GPS, dipastikan sesuai dengan koordinatnya, tidak ada patok yang bergeser dan dipastikan dalam kondisi baik," katanya.



Posting Komentar

0 Komentar