.

Header ads

Header ads

Prajurit Yonif PR 330 Kostrad Terjun Bak Sinterklas Turun Dari Langit Timika


PAPUA - Bak sinterklas, 156 prajurit Batalyon Infanteri Para Raider 330/Tri Dharma Kostrad membagikan hadiah Natal kepada warga di Bandara Mozes Kilangin, Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat (29/11).

Para penerjun dibagi dua kelompok, masing-masing menumpang dua pesawat Hercules TNI AU. Pesawat Hercules C-130 A-1316 dari Skuadron 32 Abdurahman Saleh yang dipiloti Kapten Pilot Letkol Pnb Suryo membawa 64 pasukan penerjun dipimpin Komandan Yonif Para Raider 330 Mayor Inf. Morison Chandra Karundeng.

Sementara pasukan penerjun kedua menggunakan pesawat Hercules C-130 A-1318 dari Skuadron 31 Halim Perdana Kusuma dengan Kapten Pilot Mayor Pnb Alfonsus Abituren membawa 92 pasukan penerjun dipimpin Wakil Komandan Yonif Para Raider 330 Kostrad Mayor Inf. Wira Ardhan.

Disaksikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Idham Aziz, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, latihan kesiapsiagaan operasi (LKO) penerjunan prajurit TNI tersebut disambut antusias oleh masyarakat Timika yang berbondong-bondong menuju tempat pendaratan (dropping zone).

Turut hadir Kepala BIN Budi Gunawan, Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Bupati Puncak Willem Wandik, serta sejumlah petinggi TNI dan Polri menyaksikan para "sinterklas" membawa karung-karung bingkisan Natal yang siap dibagikan kepada masyarakat.

Suasana bahagia dan keakraban menyelimuti Bandara Mozes Kilangin tatkala para prajurit mengambil tempat untuk berpose dengan warga seusai melakukan terjun statis. Masyarakat pun antusias berbaur dengan para prajurit, cermin kepaduan TNI dan rakyat.

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. menjelaskan bahwa penerjunan tersebut adalah bagian dari Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) yang digelar di wilayah Kogabwilhan III. 
Selanjutnya Panglima TNI menyampaikan bahwa LKO adalah salah satu jenis latihan yang diselenggarakan secara rutin oleh semua Kotamaops TNI di wilayah NKRI. Beberapa waktu lalu, misalnya LKO juga digelar di Selaru, Morotai, dan di beberapa wilayah Kotamaops.
“Tujuan LKO adalah untuk menguji Rencana Operasi (RO) Kotamaops TNI dalam rangka menghadapi kontinjensi di wilayah masing-masing,” lanjut Panglima TNI.

“Aparat TNI dan Polri berkomitmen menjaga keamanan di Tanah Papua, apalagi saat ini masyarakat Papua sedang mempersiapkan diri menyambut Natal dan Tahun Baru 2020,” kata Marsekal Hadi di Timika Papua.



Posting Komentar

0 Komentar