.

Header ads

Header ads

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Brigif R 9 Kostrad Gelar Aksi Bersih-Bersih


JEMBER - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019, yang jatuh pada setiap tanggal 21 Pebruari, Brigade Infanteri (Brigif) Raider 9 Kostrad bersama seluruh komponen pemerintah dan masyarakat Kabupaten Jember bersama-sama menggelar aksi bersih-bersih bertempat di TPA Pakusari Jember, Sabtu (22/2/2019).

Kegiatan yang di awali dengan apel bersama yang dipimpin langsung oleh Bupati Jember yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Jember Ir. Mirfano dalam amanatnya mengucapkan terima kasih kepada Komandan Brigif Raider 9 Kostrad Kolonel Inf Robby Suryadi S.Sos. beserta anggotanya sebagai penggagas utama kegiatan ini sehingga berjalan dengan baik, ungkapnya.

Latar belakang munculnya ide peringatan tersebut untuk mengenang peristiwa di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah Cimahi Jawa Barat pada 21 Februari 2005 lalu. Pada saat itu di Leuwigajah terdapat tumpukan sampah yang menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa setidaknya 157 nyawa melayang dan dua kampung yaitu Cilimus dan pojok hilang dari peta karena tertimbun longsoran sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah.

Selesai melaksanakan apel bersama kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon di sekitar TPA dan dilanjutkan dengan berkeliling untuk melihat kegiatan yang ada di TPA yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember Arismaya Parahita SP.

Disela-sela melaksanakan aksi bersih-bersih, Kasiter Brigif Raider 9 Kostrad Mayor Inf Hariadi Ramdani berkesampatan mengisi waktu dengan memberikan santunan berupa sembako kepada masyarakat dan para pemulung sampah yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Pada akhir kegiatan Prajurit Brigif Raider 9 Kostrad bersama-sama dengan seluruh peserta yang hadir untuk melakukan pemilihan sampah organik yang bisa dimanfaatkan untuk di daur ulang di tempat tumpukan sampah TPA Pakusari Jember.


Posting Komentar

0 Komentar