Iklan

Jaga Kejiwaan Prajurit, Danyonarmed 12 Kostrad Gelar Konseling Psikologi

Selasa, 02 April 2019, Selasa, April 02, 2019 WIB Last Updated 2019-04-02T18:59:51Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

NGAWI - Psikologi konseling, merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang psikiater dengan kliennya, untuk menggali tentang persepsi, perasaan, pemikiran hingga pengalaman.
            
Psikologi konseling, juga dinilai mampu mempelajari hingga menyelesaikan masalah seseorang. Demikian pernyataan dari Danyonarmed 12 Kostrad, Mayor Arm Ronald, F. Siwabessy di sela-sela berlangsungnya kegiatan konseling psikologi yang berlangsung di Aula Yonarmed Kostrad. Ngawi, Selasa ( 26/3).
            
Mayor Arm Ronald, F. Siwabessy mengatakan, kegiatan itu ditujukan untuk merubah sikap prajurit, khususnya dari maladaptife atau negatif ke sikap penyesuaian diri terhadap lingkungan.
           
“Hal tersebut merupakan salah satu upaya guna mewujudkan satuan dan prajurit yang sehat mental dan memiliki skill untuk dapat menyelesaikan setiap masalah dalam kehidupannya,” katanya.
           
Tidak hanya itu saja, kata Mayor Ronald, langkah itu merupakan suatu dukungan moril dan motivasi bagi prajuritnya agar mendapatkan suatu pandangan yang cukup luas dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi. “Konseling psikologis ini, juga dapat mengurangi terjadinya pelanggaran kedisiplinan,” tandasnya.
            
Sementara itu, di lokasi yang sama, Dr Agung, SP. KJ, menambahkan, konseling memiliki artian yang cukup luas, dan biasa dikenal dengan bentuk konsultasi secara umum.
            
Konseling, kata Dr Agung, sudah digunakan di banyak bidang profesi untuk sebuah hal konsultasi. “Dalam psikologi, konseling merupakan proses interaksi atau komunikasi oleh seseorang psikolog dengan kliennya untuk membantu mengklarifikasi, atau menyelesaikan suatu permasalahan,” ucapnya. Lebih lanjut Mayor Ronald juga menambahkan bahwa kegiatan konseling psikologi memiliki nilai strategis preventif terhadap upaya tindakan bunuh diri (commit suicide) yang saat ini marak terjadi di kalangan militer-militer asing. 


Komentar

Tampilkan

Terkini