.

Header ads

Header ads

Tegakkan Disiplin di Lingkungan Yonif Raider 323 Kostrad


BANJAR - Untuk meningkatkan kedisiplinan prajurit terutama disiplin dalam berkendara, Batalyon Infanteri Raider 323 Kostrad mengadakan pengecekan kendaraan bermotor serta pengecekan urine bertempat di depan Markas Yonif Raider 323 Kostrad, Banjar, Senin (25/03).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Pasi Intel Yonif Raider 323 Kostrad Letnan Satu Inf Muhammad Fikri, S.T. Han.,  bersama petugas dari Subdenpom Banjar. Adapun sasarannya adalah kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor meliputi SIM dan STNK serta melaksanakan pengecekan secara fisik meliputi helm, spion, lampu-lampu kendaraan, knalpot dan roda. Pada saat berlangsungnya pengecekan, apabila ditemukan kendaraan bermotor yang didapati tidak memenuhi persyaratan sesuai dengan standar yang telah ditentukan, maka pemilik kendaraan diberikan hukuman ditempat dan didata serta segera memerintahkan untuk melengkapinya.

Pasi Intel Yonif Raider 323 Kostrad, Letnan Satu Inf Muhammad Fikri, S.T.Han.,  menyampaikan bahwa Kegiatan pengecekan kendaraan ini bertujuan untuk menertibkan semua kelengkapan maupun administrasi kendaraan serta sebagai wahana untuk meminimalisir angka kecelakaan dan terjadinya pelanggaran prajurit khususnya lalu lintas.

 “Yang perlu dipahami oleh seluruh prajurit Yonif Raider 323 Kostrad adalah bahwa pemeriksaan ini dilaksanakan bukan untuk sengaja mencari kesalahan dan kekurangan prajurit, akan tetapi untuk mengingatkan para prajurit bahwa pentingnya kelengkapan administrasi berkendaraan dan kelayakan kondisi fisik kendaraan pada saat dipakai di jalan,” ucap Letnan Satu Inf Muhammad Fikri.

Pengecekan kendaraan kali ini berbeda dari pengecekan yang sebelumnya. Karena pengecekan kali ini, selain kendaraan dikumpulkan di lapangan apel, pengecekan juga langsung mendatangi dari rumah ke rumah prajurit (door to door). Sistem door to door ini dimaksudkan untuk memeriksa kendaraan yang ditinggal pemiliknya berdinas atau sedang dalam penugasan di daerah operasi, sehingga dapat mencegah dan mengurangi adanya tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Yonif Raider 323 Kostrad, seperti penggelapan kendaraan bermotor dan lain-lain.

Selain pengecekan kendaraan, dilaksanakan juga pemeriksaan urine terhadap anggota Yonif Raider 323 Kostrad. Pemeriksaan urine ini merupakan bentuk program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dilakukan guna mencegah penyalahgunaan Narkoba di kalangan prajurit TNI khususnya anggota Yonif 323 Kostrad. 


Posting Komentar

0 Komentar