-->

Iklan

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Markas Kostrad

Selasa, 01 Oktober 2019, Selasa, Oktober 01, 2019 WIB Last Updated 2019-10-15T18:11:48Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

JAKARTA - Kepala Jasmani Militer Kostrad, Kolonel Inf Yusuf Sampetoding memimpin pelaksanaan upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2019 di lapangan upacara Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (1/10).

Bertindak selaku Komandan Upacara Mayor Inf Sukoco, Pembaca Ikrar Kesetiaan Letda Arm Sunedi dan pembaca Pembukaan UUD 1945 Kapten Czi M. T. Ilmy Albaar, S.T., selain di Makostrad, upacara serupa juga dilaksanakan di satuan jajaran Kostrad.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober merupakan momen peringatan peristiwa bersejarah perjalanan bangsa Indonesia yang berusaha mengganti ideologi Pancasila dengan paham Komunis oleh partai Komunis Indonesia (PKI) serta mengenang  gugurnya para Pahlawan Revolusi akibat kebiadaban PKI pada tahun 1965.

Pada upacara tersebut dibacakan pula pembacaan ikrar, bahwa Sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia telah banyak terjadi rongrongan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Idiologi Negara.

Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Idiologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Komentar

Tampilkan

Terkini